Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Rukun Islam di Kelas IV SD Negeri 034 Pintu Padang Julu
DOI:
https://doi.org/10.64733/journalpantak.v2i1.90Kata Kunci:
pembelajaran kooperatif; jigsaw; hasil belajar; rukun islamAbstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Rukun Islam melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw di kelas IV SD Negeri 034 Pintu Padang Julu. Penelitian melibatkan 28 siswa dan dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan hasil belajar siswa dari pra-siklus dengan ketuntasan 32,14% menjadi 57,14% pada siklus I dan 89,29% pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat dari 64,29% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II. Model Jigsaw efektif meningkatkan kolaborasi, tanggung jawab, dan pemahaman siswa terhadap materi Rukun Islam. Siswa menjadi lebih aktif berdiskusi, percaya diri dalam presentasi, dan menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang makna dan implementasi setiap rukun. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Cooperative Learning tipe Jigsaw efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam pendidikan agama Islam.
Referensi
Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). McGraw-Hill Education.
Huda, M. (2018). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis. Pustaka Pelajar.
Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., & Ismono. (2010). Pembelajaran kooperatif. UNESA University Press.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2019). Cooperative learning: The foundation for active learning. In Active learning—Beyond the future (pp. 59-71). IntechOpen.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti untuk SD/MI kelas IV. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lie, A. (2017). Cooperative learning: Mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Grasindo.
Rusman. (2018). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Theory, research, and practice (2nd ed.). Allyn & Bacon.
Suprijono, A. (2019). Cooperative learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Prenadamedia Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.