Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Iman kepada Malaikat di Kelas VI SD Negeri 034 Pintu Padang Julu
DOI:
https://doi.org/10.64733/journalpantak.v2i1.89Kata Kunci:
problem based learning; iman kepada malaikat; pendidikan agama islam; sekolah dasar; pemahaman konsepAbstrak
Kegiatan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep iman kepada malaikat melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VI SD Negeri 034 Pintu Padang Julu. Pelaksanaan melibatkan 28 siswa dengan menggunakan pendekatan PBL yang menghadirkan permasalahan autentik terkait iman kepada malaikat dalam konteks kehidupan sehari-hari. Metode pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa, dilengkapi dengan observasi dan wawancara terhadap guru dan siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang konsep iman kepada malaikat, dengan rata-rata nilai meningkat dari 68,5 menjadi 85,2. Siswa menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap karakteristik malaikat, tugas-tugas malaikat, dan makna beriman kepada malaikat dalam ajaran Islam. Model PBL terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan menghubungkan konsep abstrak dengan situasi nyata. Guru memberikan respon positif terhadap implementasi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa ini. Faktor pendukung keberhasilan meliputi desain masalah yang tepat, kolaborasi aktif siswa, dan dukungan pedagogis yang kuat dari guru. Program ini juga menghasilkan modul pembelajaran dan panduan guru untuk implementasi berkelanjutan.
Referensi
Arends, R. I. (2019). Learning to teach: An introduction to educational psychology. New York: McGraw-Hill Education.
Aziz, A., & Rahman, M. (2020). Implementasi problem based learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 156-172. https://doi.org/10.15575/jpi.v11i2.8234
Baharun, H. (2021). Pengembangan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep rukun iman. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 89-106. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.1.89-106
Hmelo-Silver, C. E. (2018). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3
Ibrahim, M., & Nur, M. (2019). Pengajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Mulyasa, E. (2020). Implementasi kurikulum 2013 revisi dalam era industri 4.0. Jakarta: Bumi Aksara.
Savery, J. R. (2017). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9-20. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1002
Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-STEM: Menghubungkan etnokultural dengan STEM dan problem based learning untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan MIPA, 21(1), 112-122. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v21i1.pp112-122
Tan, O. S. (2021). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Singapore: Thomson Learning.
Yusuf, M., & Sari, P. (2019). Efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 23(2), 178-190. https://doi.org/10.21831/pep.v23i2.20849
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.