Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Akhlak Terpuji Melalui Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran FAI di Kelas III SDN 068 Rumbio
DOI:
https://doi.org/10.64733/journalpantak.v2i1.88Kata Kunci:
akhlak terpuji; media audio-visual; pendidikan agama islam; sekolah dasar; pemahaman siswaAbstrak
Kegiatan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang akhlak terpuji melalui media audio-visual pada mata pelajaran Fikih dan Akidah Islam (FAI) di kelas III SDN 068 Rumbio. Pelaksanaan melibatkan 25 siswa dengan menggunakan media audio-visual interaktif berupa video animasi, cerita moral dengan ilustrasi visual, dan permainan edukatif. Metode pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa, dilengkapi dengan observasi dan wawancara. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang akhlak terpuji, dengan rata-rata nilai meningkat dari 65,2 menjadi 83,4. Siswa menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap konsep-konsep moral seperti kejujuran, menghormati, kerjasama, dan tanggung jawab. Media audio-visual terbukti efektif dalam menarik perhatian siswa dan membuat konsep moral yang abstrak menjadi lebih konkret dan mudah dipahami. Guru juga memberikan respon positif terhadap implementasi pendekatan pembelajaran inovatif ini. Faktor pendukung keberhasilan meliputi pemilihan media yang tepat, partisipasi aktif siswa, dan dukungan kuat dari manajemen sekolah.
Referensi
Arifin, Z. (2019). Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 145-158. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i2.5432
Hidayat, R., & Sari, N. P. (2020). Implementasi media audio-visual dalam pembelajaran akhlak di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 12(1), 67-82. https://doi.org/10.21274/jtpi.2020.12.1.67-82
Mulyasa, E. (2018). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, M. N. (2017). Psikologi pendidikan anak usia sekolah dasar. Educational Psychology Journal, 15(3), 234-248. https://doi.org/10.17977/um031v15i32017p234
Rahman, A., & Fatimah, S. (2021). Efektivitas pembelajaran berbasis audio-visual dalam meningkatkan pemahaman konsep akhlak siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 89-104. https://doi.org/10.36456/jppd.vol9.no2.a3456
Suryani, L., Hakim, A. R., & Novianti, D. (2022). Media pembelajaran interaktif untuk pengembangan karakter siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Elementary Education, 6(1), 45-59. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i1.42567
Wibowo, A. (2019). Pendidikan karakter berbasis multimedia di era digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 178-192. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i2.28945
Zainuddin, M., & Khoiriyah, K. (2020). Penggunaan teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar: Tantangan dan peluang. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(1), 15-28. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i1.367
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.