Improving Students’ Vocabulary Mastery by Using English Song at Grade VII SMP Muhammadiyah Sibabangun

Penulis

  • Maizar Nani Napitupulu Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Rahmat Huda Universitas Muhamamdiyah Tapanuli Selatan
  • Happy Sri Rezeky Purba Universitas Muhamamdiyah Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.64733/journalpantak.v2i1.77

Kata Kunci:

Lagu Bagasa Inggrus, Penguasaan Kosakata

Abstrak

Penelitian ini berusaha untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa dengan menggunakan lagugu bahasa inggris. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri empat tahapan:  perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sibabangun yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sekitar dua siklus, yaitu siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan siklus kedua terdiri dari satu pertemuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kosakat dan lembar angket.  Berdasarkan tes kosakata nilai siswa terus meningkat pada setiap tes. Para siswa diberi empat  tahapan tes yaitu: pre test I, pre-test II, post-test I, dan post-test II. Nilai pre-test I  siswa total score 880 dan mean score 35,2%. Nilai pre-test II total score 1105 dan mean score 43,8%, Nilai post-test I  siswa total score 1985 dan mean score 79,4%. Dan nilai post-test II siswa total score 2115 dan mean score 84,6%.

Referensi

Abdillah, L. A. (2021). Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas. Bina Darma

Anggraini, B. N. (2023). Improving the Students’ Vocabulary Mastery through Lyricstraining (A Classroom Action Research at the Second Grade Students of SMP Nusantara Plus in Academic Year 2022/2023)

Bara, U. K. B., & Kulsum, U. (2019). Improving The Students’ Vocabulary Mastery by Using English Song at Eight Grade of MTs Islamic Zending Medan

Darsiana, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Demontrasi Siswa Kelas III SD Negeri 157 Pekanbaru

H Riduan. (2019) Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung.

Huda, R., & Lestari, N. (2024). The Influence of The Whatsapp Application On Students' Ability to Write Procudure Texts. Jurnal Hata Poda, 3(1), 127-140.

Jhon. W Cresswell. (2019) Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. USA: Sage Publication.

Lolong, S. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Lagu Bahasa Inggris Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris. Manado: Universitas Sam Ratulang

Mardhatillah, R. (2020). An Analysis of Students’ Writing Ability on Parts of Speech in Their Descriptive Text at Assalam Islamic Senior High School Naga Beralih Air Tiris Kampar Regency (Doctoral dissertation,Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Moh. Nazir, Metode Penelitian (Bogor: Gralia Indonesia, 2005), p. 175.

Octia, A. M. (2019). Improving vocabulary mastery through listening to english songs at the Grade IX Students of SMP N 8 Padangsidimpuan.

Pertiwi, E. N. D. (2021). Using Song in Teaching English Speaking Class at Darul Lugha Wal Karomah Islamic Boarding School Sidomukti,Kraksaan,Probolinggo

Ramadhani, S., & Ovilia, R. (2022). Understanding Parts of Speech by EFL Students to ease them in constructing an English sentence. Journal of English Language Teaching

Rohmah, N., & Indah, R. N. (2021). The Use of Modified English Song To Improve Vocabulary, Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Rosyida, A. Z., & Al Fatah, M. H. (2023). Using Popular English Songs to Improve Sudents' Vocanulary Mastery in Post Pandemic English Learning (A Classroom Action Research at Eleventh Grade of SMA N 1 Jatisrono in Academic Year 2022/2023)

Salim, Rasyid, I., & Haidir. (2020). Penelitian Tindakan Kelas, Medan.

Schlueter, A. L. (2019). Learning English for Young Learners “The Aspect of Intercultural Dimension, Diversity Arts and Media in the Early Foreign Language Education.”. Atlantis Press.

Sudijono, A.(2018). Pengantar Statistik Pendidikan Accessed on March 21,2024

Sugiyono, D. (2023). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: ALFABETA

Tamrin, A. F., & Yanti, Y. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao. Makassar: Universitas Fajar Makassar

Utami, K. R., & Rahmawati, C. (2019). Improving Students’ Vocabulary Mastery Using Flash Cards. PROJECT (Professional Journal of English Education), Wakary, A. Y., Olii, S., & Rorimpandey, R. (2023).

The Effectiveness of Songs in Improving Students Vocabulary Mastery, Manado: Universitas Negeri Manado

Zainal Aqib, et. al., PTK untuk Guru SMP, SMA, SMK, (Bandung: CV. Yrama Widya, 2008)

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Napitupulu, M. N., Huda, R., & Rezeky Purba, H. S. (2025). Improving Students’ Vocabulary Mastery by Using English Song at Grade VII SMP Muhammadiyah Sibabangun. PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.64733/journalpantak.v2i1.77