UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDOA SISWA MELALUI PENDEKATAN PRAKTIK DI SD NEGERI 025 SIABU
DOI:
https://doi.org/10.64733/journalpantak.v1i2.51Kata Kunci:
meningkatkan; keterampilan berdoa; pendekatan praktik; SDN 025 SiabuAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berdoa siswa kelas IV SD Negeri 025 Siabu melalui pendekatan praktik dalam dua siklus pembelajaran. Partisipan terdiri dari 30 siswa yang menunjukkan perkembangan signifikan dalam keterampilan berdoa mereka. Pada tes awal, nilai rata-rata keterampilan berdoa siswa adalah 60%, namun setelah siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 75%, dan pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 90%, dengan total peningkatan sebesar 30%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan, dari 80% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Sebagian besar siswa merasa lebih percaya diri dalam berdoa, dengan 85% siswa menunjukkan sikap percaya diri dan khusyuk dalam berdoa pada siklus II, meningkat dibandingkan dengan 60% pada awal penelitian. Wawancara dengan siswa dan guru mengungkapkan bahwa pendekatan praktik membantu siswa lebih mudah menghafal doa, meningkatkan kepercayaan diri mereka, dan meningkatkan minat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan praktik efektif dalam meningkatkan keterampilan berdoa siswa dan dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD.
Referensi
Abdurrahman, A. (2017). Metode Pengajaran Agama Islam di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Achmad, Z. A., Rukajat, A., & Wahyudin, U. R. (2022). Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas Al-Qur’an TPQ Darussalam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 282-301.
Dahlan, D. (2015). Pendidikan Akhlak dan Doa dalam Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Dini, J. P. A. U. (2022). Identifikasi nilai agama islam pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420-433.
Fattah, N. (2012). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, M. (2018). Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Mertens, D. M. (2015). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity With Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmah, H. (2021). Konsep berpikir positif (husnuzhon) dalam meningkatkan kemampuan self healing. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 15(2), 118-126.
Rebong, P. U. (2021). Pelaksanaan pendidikan agama Katolik sebagai upaya meningkatkan perkembangan iman peserta didik. JAPB: Jurnal Agama, Pendidikan dan Budaya, 2(1).
Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54-71.
Sudirman, A. (2017). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.
Suryani, S. (2016). Mengembangkan Karakter Anak melalui Pembelajaran Agama Islam. Semarang: Universitas Diponegoro Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.