MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI CERITA NABI DAN RASUL DI SD NEGERI 016 SIMANGAMBAT
DOI:
https://doi.org/10.64733/journalpantak.v1i2.50Kata Kunci:
meningkatkan; pemahaman, nilai-nilai akhlak; cerita Nabi dan Rosul.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai akhlak melalui cerita Nabi dan Rasul di SD Negeri 016 Simangambat. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada semester genap 2023-2024. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VI. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes pemahaman, dan refleksi guru. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang nilai-nilai akhlak setelah pembelajaran menggunakan cerita Nabi dan Rasul. Rata-rata nilai siswa pada tes awal adalah 60, yang meningkat sebesar 41,6% menjadi 85 pada tes setelah siklus II. Observasi menunjukkan 90% siswa antusias dan aktif dalam pembelajaran, dengan 85% lebih sering berpartisipasi dalam diskusi dan menceritakan pelajaran. Selain itu, sekitar 75% siswa menunjukkan perilaku lebih sopan, sabar, dan saling menghargai. Wawancara dengan siswa mengungkapkan 80% merasa lebih mudah memahami nilai-nilai akhlak setelah mendengarkan cerita Nabi dan Rasul. Guru mencatat bahwa pembelajaran berbasis cerita ini meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap Pendidikan Agama Islam. Meskipun demikian, diperlukan variasi cerita yang lebih relevan dengan situasi sosial siswa. Secara keseluruhan, pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman nilai akhlak dan sikap positif siswa.
Referensi
Asikoh, N. (2017). Strategi guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa SMP Negeri 4 Siabu Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
Batubara, N. S. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
Hasan, A. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Islam: Konsep dan Implementasi di Sekolah Dasar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Khaliq, S. (2018). Cerita Nabi dan Rasul dalam Pendidikan Akhlak Anak: Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Laura, A., Nurzakiyah, A., & Amanda, F. (2024). Penggunaan Sastra sebagai Media dalam Pembelajaran Pendidikan Agama untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai-nilai Keagamaan. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(3), 86-96.
Mahmudi, F. (2024). Dampak Cerita Kisah Nabi dan Rasul terhadap Pendidikan Karakter Generasi Muda di Era Digital: Dampak Cerita Kisah Nabi dan Rasul terhadap Pendidikan Karakter Generasi Muda di Era Digital. El-Hayah, 14(1).
Muchtar, A. (2019). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar: Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Muhammad, A. & Subhan, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Cerita: Meningkatkan Karakter Anak Melalui Kisah-Kisah Nabi dan Rasul. Jakarta: Prenadamedia Group.
Naim, H. (2020). Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Dasar: Menumbuhkan Nilai-Nilai Akhlak melalui Pembelajaran Agama Islam. Malang: UMM Press.
Nasution, S. R. (2024). Pergeseran nilai-nilai pendidikan Islam di kalangan remaja Desa Mandasip Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).
Suyanto, A. & Syarif, M. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Cerita Nabi dan Rasul dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 25(2), 123-135.
Syarif, M. (2016). Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Moral pada Anak melalui Cerita Nabi. Surabaya: Penerbit Intan.
Tambak, S. (2016). Metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 1-26.
Wahyudi, R. (2015). Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar: Pengajaran yang Efektif melalui Cerita Nabi. Jakarta: Penerbit Prenetia.
Widiastuti, A. (2017). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 55-63.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.