PEMBELAJARAN FIKIH DAN PERKEMBANGANNYA UNTUK SISWA KELAS X MA SWASTA ALHAKIMIYAH PARINGGONAN DENGAN METODE PENELITIAN TINDAKAN KELAS
DOI:
https://doi.org/10.64733/journalpantak.v1i2.32Kata Kunci:
Pembelajaran Fikih, Penelitian Tindakan Kelas, Metode Berbasis Proyek, Simulasi, Penerapan Ajaran Islam.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X MA Alhakimiyah Paringgonan terhadap materi Fikih melalui penerapan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Fikih di kelas X adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep dasar Fikih dan kesulitan dalam menerapkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus pertama menunjukkan bahwa hanya 45% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada tes akhir, yang menunjukkan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi Fikih. Pada siklus kedua, dengan penerapan metode berbasis proyek dan diskusi kelompok, terjadi peningkatan signifikan, dengan 70% siswa yang mencapai KKM. Pada siklus ketiga, dengan penambahan simulasi praktik ibadah dan peer teaching, 85% siswa berhasil mencapai KKM. Hasil ini mengindikasikan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap materi Fikih setelah penerapan PTK. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode PTK dengan pendekatan berbasis proyek, diskusi, dan simulasi sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas X terhadap materi Fikih, serta memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih aplikatif dan bermakna bagi siswa.
Referensi
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2019). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.
Nasution, S. (2021). Metode Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Kencana.
Vygotsky, L. S. (2022). Social Constructivism and the Role of Collaboration in Learning. Journal of Educational Psychology, 114(1), 85-98.
Graham, S., & Perin, D. (2020). Writing Next: Effective Strategies to Improve Writing of Adolescents. The Alliance for Excellent Education.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab untuk MA. Jakarta: Kemendikbud.
Amin, M. (2020). Pendidikan Agama Islam: Konsep, Tujuan, dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2019). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.
Suyanto, S. (2018). Strategi Pembelajaran Agama Islam yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Depdiknas.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.