PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA SEMESTER III DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UM TAPSEL
DOI:
https://doi.org/10.64733/journalpantak.v1i2.31Kata Kunci:
Penelitian Tindakan Kelas, strategi pembelajaran, mahasiswa, FKIP UM Tapsel.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UM Tapsel dalam memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang efektif. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dengan setiap siklus berfokus pada strategi pembelajaran yang berbeda, seperti pembelajaran kooperatif, berbasis masalah, dan berbasis proyek. Subjek penelitian adalah 30 mahasiswa yang terdaftar dalam mata kuliah strategi pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, mahasiswa memahami teori dasar strategi pembelajaran, tetapi kesulitan menghubungkannya dengan praktik. Pada siklus kedua, 70% mahasiswa berhasil menerapkan strategi berbasis masalah, dan 60% mampu mengelola kelas secara efektif. Pada siklus ketiga, penggunaan pembelajaran berbasis proyek meningkatkan keterampilan 85% mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa PTK efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam strategi pembelajaran.
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). Cooperation and the Use of Cooperative Learning in Teaching and Learning. In G. S. Doolittle (Ed.), Teaching and Learning: A Handbook of Educational Psychology. New York: Routledge.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (2008). Cooperation in the Classroom. Pearson.
Kagan, S. (2014). Cooperative Learning. San Juan Capistrano: Kagan Publishing.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2000). The Action Research Planner. Geelong: Deakin University Press.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2019). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.
Piaget, J. (1973). To Understand is to Invent: The Future of Education. Grossman Publishers.
Schön, D. (1983). The Reflective Practitioner: How Professionals Think in Action. Basic Books.
Vygotsky, L. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.