PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTANOPAN DENGAN MENGGUNAKAN FLASH CARD

Penulis

  • Leli Purnama Sari SMP Negeri 4 Kotanopan

DOI:

https://doi.org/10.64733/journalpantak.v1i2.30

Kata Kunci:

Pembelajaran Bahasa Inggris, Penelitian Tindakan Kelas, Flash Card, Keterampilan Berbahasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kotanopan melalui penerapan metode pembelajaran Flash Card. Pembelajaran bahasa Inggris di kelas VIII seringkali menemui kendala, seperti rendahnya minat dan motivasi siswa dalam memahami materi kosakata dan grammar. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan flash card secara efektif meningkatkan keterampilan siswa dalam menguasai kosakata bahasa Inggris, dengan tingkat ketuntasan yang meningkat dari 60% pada siklus pertama menjadi 85% pada siklus ketiga. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode flash card dapat memperbaiki proses pembelajaran bahasa Inggris secara signifikan.

Referensi

Bahruddin, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Flash Card terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 15-25.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2019). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.

Mulyasa, E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Piaget, J. (2020). The Psychology of Intelligence. Routledge.

Vygotsky, L. S. (2021). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2009). Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice (6th ed.). Boston: Pearson.

Yunita, F. & Hakim, L. (2018). Pengaruh Penggunaan Flash Card Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan, 7(1), 53-60.

Nur, A., & Sutrisno, E. (2016). Penerapan Flash Card untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP Negeri 2. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 12(2), 97-104.

Diterbitkan

2024-12-29

Cara Mengutip

Sari, L. P. (2024). PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTANOPAN DENGAN MENGGUNAKAN FLASH CARD. PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 45–50. https://doi.org/10.64733/journalpantak.v1i2.30