PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: MATERI MENULIS DI KELAS VII MTs ALHAKIMIYAH PARINGGONAN
DOI:
https://doi.org/10.64733/journalpantak.v1i2.29Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII MTs Alhakimiyah Paringgonan melalui penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Masalah yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan menulis siswa, yang terlihat dari kurangnya keterampilan dalam menyusun tulisan yang terstruktur dan koheren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang dilakukan dalam tiga siklus, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pembelajaran menggunakan pendekatan berbasis proyek dan teknik kolaboratif, seperti peer review, untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis siswa. Pada siklus pertama, hanya 50% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam menulis, sementara pada siklus kedua, angka ini meningkat menjadi 70%. Pada siklus ketiga, 90% siswa berhasil mencapai KKM, menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Penerapan PTK dengan pendekatan berbasis proyek juga berhasil meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam kegiatan menulis, dengan 85% siswa menyatakan lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran menulis setelah siklus kedua. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa PTK dapat menjadi metode yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di MTs Alhakimiyah Paringgonan.
Referensi
Graham, S., & Perin, D. (2020). Writing Next: Effective Strategies to Improve Writing of Adolescents. The Alliance for Excellent Education.
Sweller, J. (2019). Cognitive Load Theory. Springer.
Vygotsky, L. S. (2022). Social Constructivism and the Role of Collaboration in Learning. Journal of Educational Psychology, 114(1), 85-98.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmawati, A., & Nugroho, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 135-142.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Graham, S., & Perin, D. (2020). Writing Next: Effective Strategies to Improve Writing of Adolescents. The Alliance for Excellent Education.
Sweller, J. (2019). Cognitive Load Theory. Springer.
Vygotsky, L. S. (2022). Social Constructivism and the Role of Collaboration in Learning. Journal of Educational Psychology, 114(1), 85-98.
Slamet, M. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kencana.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rohman, F. (2019). Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Suyanto, S. (2018). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Depdiknas.
Kemendikbud (2020). Pedoman Pembelajaran Jarak Jauh dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.