UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SINOPSIS NOVEL “AYAH MENGAPA AKU BERBEDA” KARYA AGNES DAVONAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD
DOI:
https://doi.org/10.64733/journalpantak.v1i1.23Kata Kunci:
PTK, Keterampilan menulis, synopsis novel, model pembelajaran STAD.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data objektif tentang Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Sinopsis Novel “Ayah Mengapa Aku Berbeda”karya Agnes Davonar Dengan Model Pembelajaran Stad Oleh Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2013-2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Mts Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2013-2014 yag terdiri dari empat kelas berjumlah 140 siswa. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 35 siswa. Metode penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) juga mengupayakan perbaikan kondisi pembelajaran dan menyelesaikan bermacam-macam permasalahan yang muncul di dalamnkelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Intrumen penelitian ini adalah membuat sinopsis novel, penulis menetapkan skor tertinngi 100 dan terendah 0 dan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2013-2014 memiliki kemampuan “ Baik” hasil ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh sisa menunjukkan 7 dengan penilaian yang diajukan atau yang dinyatakan memiliki kualifika berdasarkan rentang nilai 75-84 %. Hasil tersebut menunjukkan adanya p keterampilan menulis sinopsis novel novel.
Referensi
Abd. Syukur Ibrahim Dwi Saksomo. 1987. KesustraanIndonesia. Surabaya : Usaha Nasional.
Arikunto Suharsimi.2010. ProsedurPenelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta
: Rineka Cipta
Byrne, Donn. (1979). TeachingEritingSkill. London : Longmas.
Enda Tri Priyatni. 2012 . MembacaSastraDenganAncanganLiterasiKritis. Jakarta
: Bumi Aksara
Isjoni,M.Si., Ph.D.2009. PembelajaranKooperatif. Yogyakarta: Pustaka pelajar. Robert E . Slavin. 2005 CooperativeLearning : (Teori Riset dan Praktik).
Bandung : Nusa Media
Simatupang, Iwan. Koong. Jakarta: Pustaka Jaya, 1975. Slavin, R. 1992. (CooperatifLearning. USA:Allyn and Bacon. Sumardjo, Jakop. Sinopsis Roman. Bandung: Alumni, 1983.
Tarigan, Henri Guntur. 2005. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung : Angkasa
Tarigan, Henri Guntur.1984. Prinsip-PrinsipDasarSastra. Bandung: Angkasa
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.