UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SINOPSIS NOVEL “AYAH MENGAPA AKU BERBEDA” KARYA AGNES DAVONAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD

Penulis

  • Arta Roneli Siregar Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.64733/journalpantak.v1i1.23

Kata Kunci:

PTK, Keterampilan menulis, synopsis novel, model pembelajaran STAD.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data objektif tentang Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Sinopsis Novel “Ayah Mengapa Aku Berbeda”karya Agnes Davonar Dengan Model Pembelajaran Stad Oleh Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2013-2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Mts Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2013-2014 yag terdiri dari empat kelas berjumlah 140 siswa. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 35 siswa. Metode penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) juga mengupayakan perbaikan kondisi pembelajaran dan menyelesaikan bermacam-macam permasalahan yang muncul di dalamnkelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Intrumen penelitian ini adalah membuat sinopsis novel, penulis menetapkan skor tertinngi 100 dan terendah 0 dan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2013-2014 memiliki kemampuan “ Baik” hasil ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh sisa menunjukkan 7 dengan penilaian yang diajukan atau yang dinyatakan memiliki kualifika berdasarkan rentang nilai 75-84 %. Hasil tersebut menunjukkan adanya p keterampilan menulis sinopsis novel novel.

Referensi

Abd. Syukur Ibrahim Dwi Saksomo. 1987. KesustraanIndonesia. Surabaya : Usaha Nasional.

Arikunto Suharsimi.2010. ProsedurPenelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta

: Rineka Cipta

Byrne, Donn. (1979). TeachingEritingSkill. London : Longmas.

Enda Tri Priyatni. 2012 . MembacaSastraDenganAncanganLiterasiKritis. Jakarta

: Bumi Aksara

Isjoni,M.Si., Ph.D.2009. PembelajaranKooperatif. Yogyakarta: Pustaka pelajar. Robert E . Slavin. 2005 CooperativeLearning : (Teori Riset dan Praktik).

Bandung : Nusa Media

Simatupang, Iwan. Koong. Jakarta: Pustaka Jaya, 1975. Slavin, R. 1992. (CooperatifLearning. USA:Allyn and Bacon. Sumardjo, Jakop. Sinopsis Roman. Bandung: Alumni, 1983.

Tarigan, Henri Guntur. 2005. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung : Angkasa

Tarigan, Henri Guntur.1984. Prinsip-PrinsipDasarSastra. Bandung: Angkasa

Diterbitkan

2024-06-24

Cara Mengutip

Arta Roneli Siregar. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SINOPSIS NOVEL “AYAH MENGAPA AKU BERBEDA” KARYA AGNES DAVONAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD . PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1). https://doi.org/10.64733/journalpantak.v1i1.23