PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN LATIHAN MENJELASKAN ISI TABEL SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH UJUNG GADING

Penulis

  • Alpin Neli Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.64733/journalpantak.v1i1.22

Kata Kunci:

peningkatan, kemampuan menulis, karangan narasi, latihan menjelaskan isi tabel

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa kemampuan menulis karangan narasi para siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Ujung gading Tahun Ajaran 2011-2012 masih belum memuaskan sehingga mereka menemui kesulitan untuk memahami materi ajar yang disampaikan oleh guru. Untuk itu perlu diterapkan strategi pengajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa. Salah satu strategi yang dapat menarik minat belajar para siswa untuk meningktakan kemampuan menulis karangan narasi adalah dengan latihan menjelaskan isi tabel. Maksudnya, sebelum siswa disuruh memproduksi karangan narasi terlebih dahulu mereka disuruh menjelaskan isi suatu tabel.  Untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan siswa menulis karangan narasi dengan latihan menjelaskan isi tabel, perlu diadakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data tentang peningkatan kemempuan menulis karangan narasi dengan latihan menjelaskan isi tabel. Sampel yang dijadikan pada kegiatan ini adalah sebanyak 40 siswa. Instrumen penelitian adalah menulis karangan narasi dalam bentuk essay produk atau unjuk kerja. Setelah data di analisis, ditemukan peningkatan yaitu: rata-rata skor pratindakan sebesar 55 meningkatkan pada siklus pertama menjadi 61,375 meningkatkan dari kriteria kurang menjadi kemampuan cukup. Rata-rata skor siklus pertama sebesar 61,375 meningkat pada siklus kedua menjadi 73,13 kriteria kemampuan meningkat menjadi baik demikian pula halnya ketuntasan belajar terjadi peningkata dari 50% pada siklus pertama sedangkan siklus keduamenjadi 82,5%.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineke Cipta.

……………………. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Atmazaki, 2006. Kiat-Kiat Menulis dan Menyunting. Padang:UNP Press.

Akhadiah Sabarti. 1992. Strategi Membaca . Jakarta: Depdikbud

Mulyati.2000. Keterampilan Berbahasa Untuk kelas Tinggi. Jakarta : UT

Harris Efendi, Tahar. 2004. Menulis Efektif. Padang:UNP Press.

Kasmadi, H.W. dkk. 2000. Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMK. Jakarta: LP2IP.

Nurhadi, dkk. 2007. Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Jakarta:Erlangga.

Sudjana .2005. Metoda Statistik. Bandung Tarsito.

Swarsih, Madya. 2007. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Semi, M. Atar. 2003. Membaca Efektif sebagai Kriteria Keberhasilan Studi. Padang: FPBS IKIP Padang.

Tarigan, H.G. 1984. Prisif-Prinsif Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Poerwadarminta. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.

Diterbitkan

2024-06-24

Cara Mengutip

Alpin Neli. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN LATIHAN MENJELASKAN ISI TABEL SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH UJUNG GADING. PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1). https://doi.org/10.64733/journalpantak.v1i1.22