IMPROVING INDONESIAN LANGUAGE LEARNING OUTCOMES USING THE PRINCIPAL MATERIAL OF READING SHORT STORY TEXTS THROUGH THE APPLICATION OF THE RECITATION METHOD
DOI:
https://doi.org/10.64733/journalpantak.v1i1.21Kata Kunci:
peningkatan hasil belajar, materi pokok, membaca teks cerita pendek, penerapan metode resitasiAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa di kelas XI Semester Satu SMA Muhammadiyah Padangsidimpuan dengan materi membaca teks cerita pendek. Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas, dan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Siswa berjumlah 34 yang berada di kelas XI SMA Muhammadiyah Padangsidimpuan adalah subjek penelitian. Metode observasi langsung digunakan. Lembar observasi yang dibuat oleh guru dan siswa berfungsi sebagai alat pengumpul data. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil Penelitian Tindakan Kelas tentang mata pelajaran bahasa Indonesia tentang membaca teks cerita pendek dengan metode Resitasi adalah sebagai berikut: pada siklus I, hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata 78,20, dan pada siklus II, hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata 83,41. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan metode resitasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dengan materi pokok membaca teks cerita pendek bagi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Padangsidimpuan berhasil dengan baik.
Referensi
Bintari,Ni Luh Gede Riwan Putri. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Amlapura. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Volume 3, Nomor 1.
Darjowidjojo, Soenjono. 1994. Butir-butir Renungan Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Makalah disajikan dalam Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Salatiga: Univeristas Kristen Satya Wacana.
Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP dan IPTDI.
Depdiknas 2007. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151-164.
Jamaluddin, Gesrianto A. 2017. Analisis Sikap Bahasa Dan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xi Sma Bosowa International School. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 5, Nomor 1.
Kajian Linguistik dan Sastra, Vol. 27 No. 1.
Model-model Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta, diunduh 15 Juni 2013.
Mursiyah, Tatik. 2015. Upaya Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Membaca Cerpen Melalui Pendekatan Kontekstual Bagi Siswa Kelas IX.
Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257-265.
Purwanto, Agus. 2008. ―Penerapan Model Numberd Heads Together dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sastra Indonesia. dalam Jurnal Bahas Vol. 3, No. 6, hlm. 1—65.
Rohmanurmeta, Fauzatul Ma’rufah. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar. Bahastra, Volume 37, Nomor 1, Edisi Maret 2017 : 24 - 31.
Rosyida, Fathia. 2018. Pengaruh Kemampuan Membaca Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol. 5 No. 1.
Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141-152.
Sobandi, Rizki. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Pangandaran. Jurnal Diksatrasia Volume 1, Nomor 2.
Zulhafizh, dkk. 2013. Kontribusi Sikap Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.