PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTS AL HAKIMIYAH PARINGGONAN MATERI THAHARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
Keywords:
Prestasi belajar, model pembelajaran JigsawAbstract
Berdasarkan pada pembelajaran Fikih, rendahnya minat belajar siswa sehingga masih sedikit diantara mereka yang memperoleh prestasi belajar yang tinggi, pembelajaran yang kurang variasi dan monoton penggunaan metode yang kurang variatif. Dalam Permasalahan ini, guru perlu melakukan pembelajaran aktif pada materi thaharah yang berpusat pada siswa kelas VII A MTS Al-Hakimiyah Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas, yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 8 siswa laki- laki dan 12 siswa perempuan yang dilaksanakan di semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw ini Diharapkan dapat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar, pembelajaran lebih bervariatif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus dengan setiap siklus satu kali pertemuan dan terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melalui lembar observasi aktifitas belajar, pengisian angket, tes, dan dokumentasi yang di gunakan untuk menunjang penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada materi Thaharah ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I samFikih siklus II dengan hasil sebagai berikut: siklus I persentase prestasi belajar terdapat 8 peserta didik atau 40% siswa yang tuntas, sedangkan ada 11 peserta didik atau 60% siswa yang tidak tuntas. Siklus II persentase prestasi belajar terdapat 17 peserta didik atau 85 % siswa yang tuntas, sedangkan ada 3 peserta didik atau 15 % siswa yang tidak tuntas.
References
Achmadi 1987. Ilmu Pendidikan Islam. Salatiga: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo
Ari Kunto, Suharsimi, 1992. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Arifin, Zaini. 1990. Evaluasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Daradjat, Zakiyah. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT BumiAksara
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. UUD Sisdiknas No.20 tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.
Depdiknas. 2007. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Fajar, Poerwadarminta, Padwawinata, dan Ratu Aprilia Senja, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Fajar, Poerwadinata, Padwawinata, dan Ratu Apriliana Senja, kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendidikan Kompetensi.
Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar. Kumpulan Tugas Sekolah, 2015 Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran (Online)
tersedia di
https://kumpulantugassekolahdankuliah.blogspot.co.id/2015/01/kelebihan
-dan-kekuranganpembelajaranhtml diakses pada tanggal 5 September2021 pukul 16.15 Wita.
Kunandar, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.
Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rajawali Pers.
Margono, 2010. Metodologi pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.
Muhaimin, Dkk. 2008. Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusman, 2013. Model- Model Pembelajaran. Jakarta: PT raja Grafindo Persada. Slameto, 1991. Belajar dan Faktor- Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sriyanti, Lilik. 2009. Psikologi Pendidikan. Salatiga: STAIN.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdikarya.
Sudrajat, Akhmad. 2008. Cooperative Learning Tipe Jigsaw (Online) tersedia di: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/31/cooperative-learning- teknik-jigsaw/html diakses pada tanggal 6 September 2021 pukul 21.05 Wita.
Sukardi, 2013. Metode penelitian Tindakan Kelas, Implementasi dan Pengembangan.
Jakarta: Bumi Aksara
Surawan. 2020. Dinamika Dalam Belajar : Sebuah Kajian Psikologi Penelitian.
Yogyakarta : K-Media.
Wama, Eka. 2013. Penenlitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan : Referensi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.