IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT BY USING REALIA AT GRADE VII SMP NEGERI 9 PADANG SIDEMPUAN

Authors

  • IkaPurnama Sari SMP NEGERI 9 PADANG SIDEMPUAN

Keywords:

Meningkatkan Prestasi Kosakata Siswa, Menggunakan Realia

Abstract

Penelitian  ini berusaha untuk meningkatkan prestasi siswa dalam kosa kata dengan menggunakan Realia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 9 Padangsidimpuan yang berjumlah 24 siswa.  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari satu pertemuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kosakata dan lembar angket untuk data kualitativ.   Berdasarkan tes kosa kata, nilai siswa terus meningkat di setiap tes dan berdasarkan lembar angket ditemukan bahwa proses belajar-mengajar berjalan dengan baik. Siswa aktif, antusias, dan tertarik pada kosa kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Realia secara signifikan meningkatkan prestasi belajar kosakata siswa

Downloads

Published

22-04-2024 — Updated on 02-05-2024

Versions

How to Cite

Sari, I. (2024). IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT BY USING REALIA AT GRADE VII SMP NEGERI 9 PADANG SIDEMPUAN. Jurnal Alfa: Penelitian, Pendidikan, Dan Bahasa, 2(1). Retrieved from https://jurnal.alfa-pustaka.id/index.php/jap2b/article/view/9 (Original work published April 22, 2024)