An Analysis of Students’ Difficulties in Writing Descriptive Text by using Cooperative Script
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan siswa dalam menulis teks deskriptif dengan menggunakan cooperative script. Analisis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 20 responden siswa kelas VIII SMP N 3 Padangsidimpuan. Peneliti menemukan bahwa siswa kelas dua SMP N 3 Padangsidimpuan mengalami kesulitan dalam menulis teks deskriptif berdasarkan hasil persentase tertinggi dari masing-masing indikator, kesulitan utama siswa dalam menulis teks deskriptif adalah isi 56%(sedang), kosakata 54%(sedang), pengorganisasian 52%(sedang), tata bahasa 45%(sedang), mekanisme 42%(sedang). Penelitian ini menemukan alasan mengapa siswa kesulitan dalam menulis teks deskriptif adalah kurangnya kosa kata, kurang motivasi dalam belajar, kurangnya ide dalam menulis, dan siswa tidak memahami tentang tense.
References
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31. (accessed on May 2024).
Astrianingsih. (2021). “An Analysis Students’ Difficulties in Writing Descriptive Text at First Grade of SMA N 1 Kuala Kampar”. A thesis. Pekanbaru. Faculty Teacher Training and Education. Islamic University of Riau. (accessed on January 2024).
Hands, A. S. (2022). Integrating quantitative and qualitative data in mixed methods research: An illustration. The Canadian Journal of Information and Library Science, 45(1), 1-20. (accessed on March 2024).
Huda, R., Zuraida, A., Rambe, I. H., & Fitri, L. A. (2024). REPRESENTASI KEMAMPUAN BERBICARA (SPEAKING) DAN TATA BAHASA (GRAMMAR) SISWA SMA SEDERAJAT DI KOTA PADANG SIDEMPUAN. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1), 202-211.
Lubis, K., Parapat, L. H., Huda, R., Azzahra, T., & Fitriani, I. (2024). Pendampingan Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Di MTS. & MAS Swasta Al-Hakimiyah Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 4(1), 103-108.
Sartika, S., & San Rizqiya, R. (2021). Writing Recount Text Using Cooperative Script: Students'difficulties. Project (Professional Journal of English Education), 4(6), 1025-1029. (accessed on September 2023).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juliana Simatupang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
https://creativecommons.org/choose/results-one?license_code=by&jurisdiction=&version=4.0&lang=en