Improving Students’ Reading Descriptive Text Through Word Search Puzzle Technique At The Grade VIII SMP N 4 Padangsidimpuan
Keywords:
Teks Deskriptif, Meningkatkan Membaca, Teknik Word Search PuzzleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca teks deskriptif siswa melalui teknik teka-teki pencarian kata (word search puzzle) dan untuk mengetahui respon siswa terhadap teknik tersebut di kelas VIII SMP N 4 Padangsidimpuan. Penelitian menggunakan metode Classroom Action Research (CAR) dengan subjek 33 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, angket, dan observasi. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata nilai 39,09. Pada siklus I, hanya 48,48% siswa yang lulus KKM, sedangkan pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 77,57 dengan 84,84% siswa lulus KKM. Respon siswa terhadap teknik ini menunjukkan hasil positif dengan 75% siswa memberikan respon positif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik word search puzzle berhasil meningkatkan kemampuan membaca teks deskriptif siswa di kelas VIII SMP N 4 Padangsidimpuan, dengan persentase kelulusan yang signifikan pada siklus II.
References
Asrifan, A., Nadira, N., & Haedar, H. 2018. “Improving Students’ Reading Comprehension of Descriptive Text through Collaborative Murder”. Journal of Advanced English Studies, 1(2), 21-31. Retrieved December 20, 2021 from http:// jurnal ugi ac id/index.php/Perspective/article/viewFile/1666/1029.
Basri. 2023. “Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Surat Resmi Kelas VIIB Smp Negeri 2 Tapalang”. https://www.academia.edu/resource/work/115024820.
Clontz, S. 2018. “Puzzle Types”. Diakses dari http://clontz.org/puzzles/types/. Pada tanggal 20 Februari 2024, Jam 20.00 WIB.
Faizeh, Lisematul & Hanif Maulaniam Sholah. 2020. “Improving Students’ Reading Ability of Descriptive Text by using Small Group Discussion”. Ink Journal, Vol 2 No 1 March 2020, pp. 1-20.
Garwan, S., & Jusnita, N. 2020. “Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris melalui Metode Permainan Word Search Game di Siswa Kelas VIII SMPN 4 Kota Ternate”. Edukasi, 18(1), 186-192.
Girsang & Khairunnisa. 2020. “The improving students’ reading descriptive text Comprehension Ability through context clues strategy of VII grade students’ at SMP negeri 1 sidamanik”. Bilingual, Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Vol. 2 No. 1 2020.
https://www.islamicity.com/culture/Taj/default.htm
Kim, S. 2018. “Apa itu Teka-teki”. Diakses dari http://cs.wellesley.edu/ ~cs215/Lectures/L17-IntroGamesJigsaw Puzzle/Scottkim- What_is_a_Puzzle.pdf. pada tanggal 20 Februari 2024, Jam 21.00 WIB.
Kurniawan, D. 2018. “Taughters’ Technique in Taughting Reading Comprehension at SMAN 1 Kota Sungai Penuh in Academic Year 2017/2018. Jurnal Taughters’ Technique”. Retrieved November 25, 2021 from hups nepository.unja, ac.id/3941/1/%28Article%29%20Taughtern%20taughtiques%20in%20taughting%20reading%20comprehesnion%20at%20SMAN%201%20Kota%20Sungai%20Penuhpdf.
Lubis, Rezzi Angriani. 2020. “Improving Students’ Reading Comprehension In Legend By Using Made A Match At The Grade Viii Of Smp Negeri 1 Panyabungan”. Script. Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan.
Mailawati. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media word Search Puzzle terhadap Minat Belajar Pendidkan Kewarganegaraan kelas VIII di SMPN Muhammdiyah 49 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.
Mardiani S., Jismulatif, Erni. 2021. “Indonesian High School Students’ Difficulties in Understanding English Text”. ISSN Cetak: 2580 – 8435. http://dx.donei.org/10.33578/pjr.v5i4.8359. Accessed on June/, 2023.
Marliani, S. Jismalant, & Erni. 2021. “Indonesian High School Students’ Difficulties In Understanding English Text”. PAJAR Journal (Education and Taughting, 5(4),985-993. DONEI: hoods doneblo 1013578348359.
Maylani, Q, Hamer, W., & Handayani, I. 2021. “The influence of wond search puzzle on students’ vocabulary mastery at seventh grade of 10 junior high school serang (smp negeri 10 kota setung)”. Proceeding AISELT (Annual International Seminar on English Language Taughting) 6(1), 217-223.
Megawati, Dian Ratih. 2019. “The Effect Of Word Search Puzzle Game In Teaching Vocabulary To The Sixth Grade Students Of Sdn Kolpajung II”. The Bitte Journal, January 2019.
Mualimah & Usmaedi. 2018. “Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn Kubanglaban”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 4(1):43DONEI:10.30870/jpsd.v4i1.2459.
Muliani, Wa Ode Sry, dkk. 2019. “Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Raha”. Jurnal Bastra (bahasa dan sastra). Vol. 4, No.3.
Nurhalifah, N. Lestari dan S.M. Yusuf. 2020. “Efektifitas Media Pembelajaran Word Search Puzzle dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Materi Ekosistem Kelas VII Di SMP Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2018/2019”. Jurnal Biosains dan Edukasi. Vol. 2 (1), 1-4.
Nurhamidah, Siti, Syahid Muammar Pulungan, and Eka Sustri Harida. 2018. “The Analysis of Taughters’ Strategy in Taughting Reading Comprehension at SMAN 2 Padangbolak at State Institu for Islamic Studies.” Tazkir 04 (2): 299-312.
Noviyanti, Werdiningsih & Nurkamilalkat . 2023. “Vocabulary Mastery on Novice Learners: Exploring the Used of Word Search Puzzle”. English Journal of Education and Literature ISSN 2963-6744.
Pamungkas, P. W. G. dan M. A. Ghofur. 2021. “Pengembangan media pembelajaran word search puzzle berbasis android pada mata pelajaran ekonomi kelas x pada saat pandemi covid-19”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(6):4363-4373.
Putri, Ardianti, & Ermawati. 2022. ”Model Scramble untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa”. Jurnal Educatio ISSN: 2459-9522 (Print), 2548-6756 (Online) Vol. 8, No. 3, 2022, pp. 1192-1199.
Qori Fatima, W., Khairunisa, L., Chandra Printna, D., Prihatminingtyas, B., & ART Tribhuwana Tunggadewi Malang, U. 2019. “Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Media Game Pada Panti Asuhan di Desa Ngajum”. Seminar Nasional Sistem Informasi.
Rani, Gusti. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas Xi Ips 2 Sμα Negeri 5 Palopo”. Unversitas Megaresky 2021/2022.
Ritonga, Mona Aulia. 2019. “The Effect of SQ3R Model (Survey, Question, Read, Recite, Review) in Students’ Writing Mastery of Procedure Text at the Grade X SMA Negeri 1 Angkola Selatan”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan.
Septiana, V. W. 2017. “Pendekatan Contextual Taughting Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar”. Menara Ima XI(75), 155-161. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/159.
Siregar, Sri Rahmadhani, and Nursahara Donengoran. 2020. “Students Ability in Writing Descriptive Text.” English Education: English Journal for Taughting and Learning 08 (01): 88- 90. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=17461154325444838052&btnl=1& hl=id.
Tiaswari, Diah Ceci. 2020. “Pengaruh Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Lumbir Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2019-2020”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2020.
Um, Ambiyatul. 2018. “The Influence Of Using Word Search Puzzle Game Towards Students’ Vocabulary Mastery At The First Semester Of The Eight Grade Of SMP N 1 Ambarawapringestu 2017/2018”. Skripsi, Universitas Lampung, 2018.
Wardani, L., Basri, H., and Waris, A. 2014. “Improving The Ability in Writing Descriptive Text Through Guidedd-Questions Technique.” E-Journal of English Language Taughting Society 9ELTS) 2, no. 1 (2014): 1-13. http://jurnal.untad.ac.id.
Zuhra. 2015. “Senior High School Students’ Difficulties In Reading ComprehensionComprehension”. English Education Journal Vol 6, No. 3 (2015) :12. https://jurnal.usk.ac.id/EEJ/article/view/2584/2438
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Lengga Sari Harahap Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
https://creativecommons.org/choose/results-one?license_code=by&jurisdiction=&version=4.0&lang=en