DAMPAK PENDIDIKAN PEMBEBASAN PAULO FREIRE DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Pendidikan Pembebasan, Paulo Freire, Kurikulum Merdeka Belajar, Filsafat Pendidikan IslamAbstract
Konsep pendidikan pembebasan memiliki kesamaan dengan gagasan Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan pembebasan Paulo Freire dan relevansinya dalam Kurikulum Merdeka Belajar dari perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip pendidikan pembebasan, seperti dialog, partisipasi aktif, dan kesadaran kritis, sejalan dengan kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar yang menekankan fleksibilitas, pemberdayaan siswa, dan relevansi dengan kebutuhan zaman. Perspektif Filsafat Pendidikan Islam memperkaya konsep pendidikan pembebasan dengan menambahkan nilai-nilai spiritual dan etika, seperti keadilan, tanggung jawab, dan rahmatan lil 'alamin. Integrasi antara pendidikan pembebasan dan nilai-nilai Islam dapat mendorong terciptanya sistem pendidikan yang inklusif, adaptif, dan berkeadilan, sekaligus memperkuat karakter peserta didik sebagai insan yang kritis dan berakhlak mulia. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.
References
Abudin, N. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Prenadamedia.
Afida, I., Diana, E., & Puspita, D. M. . A. (2021). Merdeka Belajar dan Pendidikan Kritis Paulo Friere dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 45–61. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.553
Alfaeni, S. I., & Asbari, M. (2023). Kurikulum Merdeka: Fleksibilitas Kurikulum bagi Guru dan Siswa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 86–92.
Alparizi, P., & Majid, A. N. (2021). Pendidikan Emansipatoris Dalam Perspektif Paulo Freire Dan Muhammad Abduh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.
Anwar, L. A. (2019). Merdeka Belajar Jangan Tunggu Aturan.
Azzet, A. M. (2014). Pendidikan Yang Membebaskan. Ar-Ruzmedia.
Damanik, F. H. S. (2023). Mengembangkan Keterampilan Resolusi Konflik melalui Pembelajaran Sosiologi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Menegah Atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 983–992. https://doi.org/10.58230/27454312.350
Datunsolang, R. (2017). KONSEP PENDIDIKAN PEMBEBASAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pemikiran Paulo Freire). TADBIR (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 5(1), 132–146.
Eguchi, S., & Lee, S. (2023). History and Present of Evening Junior High Schools (Yakan Chugaku) in Postwar Japan: Focusing on Learning to Liberate Marginalized People in Osaka. Educational Studies in Japan, 17(0), 31–44. https://doi.org/10.7571/esjkyoiku.17.31
Fauzi, M. S., Maq, M. M., Rukmini, A., Arsyad, M., Prayogi, A., & Ahyani, E. (2024). Ekasakti jurnal penelitian & pengabdian. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian (EJPP), 4(2), 635–643.
Fitriasyah, M. N. (2019). Konsep pendidikan Humanis Paulo Freire dan Releevansinya dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.
Haikal, F., Sutrisno, Munauwarah, R., & Anshori, M. I. (2023). Analisis Konsep “ Kampus Merdeka ” Dalam Critical pedagogy Perspektif Paulo Freire. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(4), 1449–1466.
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” LPPPI.
Husni, M. (2020). Memahami pemikiran karya Paulo Freire “pendidikan kaum tertindas” kebebasan dalam berpikir. Al-Ibrah, 5(2), 41–60.
Kamil, I., & Ratnasari, D. (2023). Kontruksi pemikiran Paulo Freire tentang kebijakan merdeka belajar dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Humanika, 23(2), 141–154. https://doi.org/10.21831/hum.v23i2.60475
Khoirul. (2021). Kritik Pendidikan Pembebasan Paulo Freire Perspektif Pendidikan Islam (Pertama). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Laela, N. (2022). Liberation Education (A Review of Paulo Freire’s Thoughts). International Conference on Early Childhood Education in Multiperspective, 1, 199–205.
Luthfiyah, M. F. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus (Pertama). CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=UVRtDwAAQBAJ
Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819
Mansyur, M. H. (2014). Pendidikana Ala “Paulo Freire” Sebuah Renungan Masykur. Jurnal Ilmiah SOLUSI, 1(01), 64–76.
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Murtiningsih, S. (2015). Pendidikan Alat Perlawanan: Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire.
Nafisah. (2020). Kurikulum Merdeka Belajar dalam Perspektif Pendidikan Paulo Freire.
Napitupulu, S. P., Murniarti, E., Indonesia, U. K., Info, S., Engagement, S., Learning, P., & Curriculum, M. (2024). Analisis Keterlibatan Siswa Menengah Pertama. 9(2), 172–178.
Rizal, M. N. (2018). Memutus Rantai (Re)Kolonialisme.
Robikhah, A. S. (2018). Paradigma Pendidikan Pembebasan Paulo Freire Dalam Konteks Pendidikan Agama Islam. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 1–16. https://doi.org/10.37542/iq.v1i01.3
Sani, M. A. H., & Ilham, I. (2021). Pendidikan Pembebasan (Studi Pemikiran Paulo Freire dan KH Ahmad Dahlan). CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 18. https://doi.org/10.31764/civicus.v9i1.5812
Solikhah, N., & Wahyuni, A. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 4627–4630.
Suriani, Safei, Rosdiana, & Basam, F. (2023). Konsep Pendidikan Paulo Freire Dalam Pebentukan Karakter Ditinjau Dari Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 05(2), 140–146.
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236
Widodo, A. Y., PS, A. M. B. K., Dinilillahi, A. I., & Qodarullah, M. W. (2022). Film “Big Brother 2018” Sebagai Inovasi Relasi Guru dan Siswa Perspektif Pendidikan Pembebasan Paulo Freire. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 14(1), 19–34. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.1177
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 tyas13

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
https://creativecommons.org/choose/results-one?license_code=by&jurisdiction=&version=4.0&lang=en