STRATEGI MENCIPTAKAN IDE DAN INOVASI RISET YANG BERKUALITAS
Keywords:
STrategi Menciptakan ide, inovasiAbstract
Kondisi persaingan bisnis yang makin kompetitif dan lingkungan bisnis yang dinamis dan penuh ketidakpastian menuntut perusahaan untuk mencari terobosan baru dan mengimplementasikan strategi yang sesuai dan selaras dengan perubahan lingkungan bisnis. Perusahaan harus mampu menciptakan, mengeksploitasi, dan mencapai keunggulan kompetitif dengan cara menciptakan nilai–nilai daya saing perusahaan yang lebih baik dibandingkan para pesaing. Untuk mencapainya, perusahaan harus mampu menerapkan strategi dan nilai–nilai yang berbeda dan tidak dapat ditiru oleh pesaingnya. Salah satu strategi tersebut adalah melalui inovasi. Inovasi merupakan salah satu kunci untuk dapat memenangkan persaingan. Dengan melakukan inovasi, perusahaan berharap dapat menciptakan produk yang benar-benar baru atau lain dari yang sebelumnya atau membuat produk yang merupakan perbaikan dari produk yang telah ada sebelumnya. Dalam mengkonsumsi suatu produk, konsumen tidak hanya sebatas melihat pada nilai atau fungsi dari suatu produk yang dibutuhkan, tetapi konsumen juga memperhatikan apakah produk yang dipilih memiliki nilai tambah atau kelebihan dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. Keinginan inilah yang harus dimengerti oleh produsen sebagai landasan untuk melakukan proses inovasi. Perkembangan inovasi yang berhasil akan menjadi strategi yang tepat untuk mempertahankan kedudukan produk di pasar.
References
Gilbert J.T.,Choosing an Innovation Strategy; Theory and Practice,Business Horizon, November-Desember 1994.
Han, Jin K, Namwoom, Srivastava, Rajendra K, Market Orientation and Organization Performance : Is Innovation a Missing Link?, Journal of Marketing, Ockober. Vol.6, No.4, 1998,
Porter, Michael. E. , Keunggulan Bersaing, Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul, Jakarta : Erlangga, 1993.
Zainudin, Akbar, Inovasi Untuk Keunggulan Bersaing, http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/, 5 Spetember 2010.
Sumarwan, Ujang, Inovasi Produk, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Konsumen Sebagai Penentu Pertumbuhan Perusahaan, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.1, Mei.
Prakosa, Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja perusahaan untuk mencapai keunggulan Bersaing Berkelanjutan, Jurnal Marketing, Vol 2 No. 1. 2006
Hurley, Robert F and Hult,G, Tomas M, Innovation, Market Orientation and Organization Learning: An Intergation and Market Empirical Examination,Journal of Marketing, July, 1998.
Li, Tiger and Calantone, Roger J, The Impact of Market Knowledge Competence on New Product Advantage: Conceptualization and Empirical Examination, Journal of Marketing, Vol. 62, October, 1998.
Saputro, Triono, Mendapatkan keunggulan bersaing berkelanjutan http://manajemenppm.wordpress.com/, diunduh pada 16 April 2013, pukul 09.00 WIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PAKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.