PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN LITERASI NUMERASI BERBASIS DIGITAL DAN SELF EFFICACY RESELIENSE GURU PADA ERA 4.0 DI SD MUHAMMADIYAH SIPIROK

Authors

  • Ainun Mardiyah Lubis, Elisa, Yuraidah Lubis, Muhammad Rusdi Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Abstract

Tujuan diadakannya kegiatan Pengabdian Pelatihan dan pendampingan ini yaitu untuk mengembangkan kemampuan: 1) Penerapan mengenai literasi numerasi dalam pembelajaran di Muhammadiyah Padangsidimpuan, 2) Penggunaan teknologi berbasis digital SD Muhammadiyah Padangsidimpuan, 3) Self efficacy resiliensi guru di SD Muhammadiyah Padangsidimpuan. Metode Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan secara blended learning meliputi kegiatan sinkron dengan zoom atau google meet dan asinkron melalui google form dan Whatsapp group dan juga tatap muka secara langsung sesuai situasi dan kondisi yang diatur dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan. Untuk tahap akhir dilakukan proses review serta pemberian feedback yang dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2023. Berdasarkan hasil pelatihan dan pendampingan ini dapat mengembangkan  kemampuan penerapan mengenai literasi numerasi dalam pembelajaran di SD Muhammadiyah Padangsidimpuan, mengembangkan kemampuan penggunaan teknologi berbasis digital SD Muhammadiyah Padangsidimpuan, dan meningkatkan self efficacy resiliensi guru di SD Muhammadiyah Padangsidimpuan.

References

AK, R. D., &Pradna, P. (2012). Resiliensi guru di sekolah terpencil. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 1(02).

Akbar, Z., Pratasiwi, R., Psikologi, F. P., Jakarta, U. N., Psikologi, F. P., & Jakarta, U. N. (2017). Resiliensi diri dan stres kerja pada guru sekolah dasar. 6.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. Literasi Numerasi Di SD Muhammadiyah, 3(1), 93–103.

Herawan, E. (2015). Literasi Numerasi Di Era Digital Bagi Pendidik. 23–32.

Howard, S., & Johnson, B. (2004). Resilient teachers: Resisting stress and burnout. Social Psychology of Education, 7(4), 399–420.

Khakima, L. N., Fatimah, S., & Zahra, A. (2021). Seminar Nasional PGMI 2021 Penerapan Literasi Numerasi dalam PembelajaranSiswa MI / SD memiliki sumber daya manusia yang melimpah , memiliki terencana untuk menciptakan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memil. 775–792.

Pristiarawati, M., Prameswari, A., & Hartanti, H. (2021). Pelatihan Resiliensi Untuk Menurunkan Perceived Stress Selama Masa Pandemi Covid-19. Psychocentrum Review, 3(2), 218–226. https://doi.org/10.26539/pcr.32632

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuanliterasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541.

Siregar, Y. A. (n.d.). Self Efficacy Terhadap Prestasi Akademik Siswa.

Stacey, K. (2011). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. 2(2), 95–126.

Uad, K., & Selatan, J. L. (2021). Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan; e-ISSN: 2686-2964. 1, 1243–1248.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Yuraidah Lubis, Muhammad Rusdi, A. M. L. E. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN LITERASI NUMERASI BERBASIS DIGITAL DAN SELF EFFICACY RESELIENSE GURU PADA ERA 4.0 DI SD MUHAMMADIYAH SIPIROK. PAKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). Retrieved from https://jurnal.alfa-pustaka.id/index.php/pakat/article/view/19