INOVASI DAN OPTIMASI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

Authors

  • Elisa, Syahruddin Aritonang, Nurhasana, Muhammad Rusdi Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Keywords:

Literasi, numerasi, self efficacy Resiliensi

Abstract

 

Inovasi pembelajaran diharapkan dapat memberikan solusijuga pencegahan Covid-19. Oleh karena itu, kerjasama orang tua, guru dan pemerintah sangat dianjurkan demi mewujudkan pendidikan yang efektif dan efisien di tengahwabah penyakit yang melanda dunia saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode kajian literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri berbagai sumber baik berupa dokumen pemerintah, media massa, dan hasil penelitian yang relevan sebelumnya dianalisis dengan menggunakan policy research dan didukung oleh hasil wawancara dengan beberapa siswa tingkat sekolah dasar. Analisis data menggunakan Content Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19) berdampak pada munculnya konsep-konsep baru berkaitan dengan inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan. Inovasi pembelajaran tersebut diantaranya Learning from Home: Kolaborasi antara sekolah dengan orang tua, pembelajaran sebagai peluang sekaligus tantangan, dan inovasi model pembelajaran Blended Learning. Harapannya, inovasi tersebut dapat memberikan hasil yang optimal dan dapat meningkatkan kerjasama antar orang tua, guru, dan pemerintah demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan mampu bersaing secara global. Inovasi pembelajaran berbasis teknologi diharapkan tidak hanya berlangsung dimasa pandemi Covid-19, namun dapat diterapkan setelah Covid-19 berakhir untuk pendidikan yang semakinmaju dan berkualitas.

References

AK, R. D., &Pradna, P. (2012). Resiliensi guru di sekolah terpencil. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 1(02).

Akbar, Z., Pratasiwi, R., Psikologi, F. P., Jakarta, U. N., Psikologi, F. P., & Jakarta, U. N. (2017). Resiliensi diri dan stres kerja pada guru sekolah dasar. 6.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. Literasi Numerasi Di SD Muhammadiyah, 3(1), 93–103.

Herawan, E. (2015). Literasi Numerasi Di Era Digital Bagi Pendidik. 23–32.

Howard, S., & Johnson, B. (2004). Resilient teachers: Resisting stress and burnout. Social Psychology of Education, 7(4), 399–420.

Khakima, L. N., Fatimah, S., & Zahra, A. (2021). Seminar Nasional PGMI 2021 Penerapan Literasi Numerasi dalam PembelajaranSiswa MI / SD memiliki sumber daya manusia yang melimpah , memiliki terencana untuk menciptakan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memil. 775–792.

Pristiarawati, M., Prameswari, A., & Hartanti, H. (2021). Pelatihan Resiliensi Untuk Menurunkan Perceived Stress Selama Masa Pandemi Covid-19. Psychocentrum Review, 3(2), 218–226. https://doi.org/10.26539/pcr.32632

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuanliterasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541.

Siregar, Y. A. (n.d.). Self Efficacy Terhadap Prestasi Akademik Siswa.

Stacey, K. (2011). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. 2(2), 95–126.

Uad, K., & Selatan, J. L. (2021). Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan; e-ISSN: 2686-2964. 1, 1243–1248.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Nurhasana, Muhammad Rusdi, E. S. A. (2024). INOVASI DAN OPTIMASI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI. PAKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). Retrieved from https://jurnal.alfa-pustaka.id/index.php/pakat/article/view/18