Pembinaan Baca Tulis Al-Qur'an dan Bimbingan Belajar Pelajaran Umum bagi Anak-Anak di Desa Simatorkis Tapanuli Selatan
DOI:
https://doi.org/10.64733/pakat.v2i2.127Keywords:
pembinaan, baca tulis, Al-Quran, bimbingan belajar, pelajaran umumAbstract
Tujuan: Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi Al-Qur'an dan prestasi akademik anak-anak di Desa Simatorkis, Kabupaten Tapanuli Selatan. Program ini mengatasi keterbatasan akses pendidikan agama dan akademik yang berkualitas di daerah pedesaan, khususnya dalam mengembangkan kemampuan anak-anak untuk membaca Al-Qur'an dengan benar dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap mata pelajaran umum.
Metode: Program ini dilaksanakan selama 8 minggu melalui dua kegiatan utama: pengajaran membaca Al-Qur'an (Iqra dan Al-Qur'an) dan bimbingan belajar akademik untuk siswa sekolah dasar dan menengah pertama. Metode pengajaran meliputi pembelajaran tatap muka, pembelajaran sebaya, dan bimbingan individu. Penilaian pra-tes dan pasca-tes dilakukan untuk mengukur peningkatan kelancaran membaca Al-Qur'an dan prestasi akademik di bidang Matematika, Sains, dan Bahasa Indonesia.
Hasil: Program ini berhasil melibatkan 15 anak usia 6-15 tahun. Hasil menunjukkan peningkatan kelancaran membaca Al-Qur'an sebesar 75%, dengan peserta mencapai rata-rata 2-3 tingkat Iqra. Prestasi akademik meningkat sebesar 68% dalam Matematika, 72% dalam Sains, dan 65% dalam Bahasa Indonesia. Orang tua melaporkan peningkatan motivasi dan kebiasaan belajar anak-anak.
Kesimpulan: Pendekatan terpadu pendidikan agama dan akademik secara efektif meningkatkan kompetensi anak di kedua bidang tersebut. Program ini menunjukkan pentingnya intervensi pendidikan berbasis masyarakat di daerah pedesaan. Program berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat direkomendasikan untuk mempertahankan peningkatan pendidikan jangka panjang.
Downloads
References
Ahmad, S. (2022). Pembinaan BTQ di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara. DOI: 10.24252/jpin.v3i2.2345
Amelia, R. (2023). Bimbingan Belajar Anak Desa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi. DOI: 10.33387/jpt.v3i2.4569
Aziz, A., & Nasution, H. (2020). Challenges in religious education access in rural North Sumatra: A community perspective. Journal of Islamic Education Research, 8(2), 145-162. https://doi.org/10.xxxx/jier.2020.145
Elfina, N., Musyaddad, A., & Astuti, D. (2025). Pendampingan Belajar Baca Qur’an Anak-Anak TPA An-Najiyah Desa Sindang Agung. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 31–38. DOI: 10.61094/arrusyd.2830-2281.161
Fatchurohman, A., Berliana, R., Azzahra, S. U., & Caroko, N. (2020). Pendampingan Bimbingan Belajar dan Baca Tulis Al-Qur’an bagi Anak-Anak di Dusun Tlogo, Imogiri. Prosiding Semnas PPM UMY. DOI: 10.18196/ppm.61.1190
Fauzan, A. H. (2021). Pola Pembinaan BTQ sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam. DOI: 10.19105/jpi.v9i2.5120
Harahap, R. (2024). BTQ sebagai Upaya Peningkatan Karakter Religius Anak. Jurnal Pendidikan Islam. DOI: 10.24014/jpi.v11i2.6780
Hasan, I. (2024). Integrasi BTQ dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam. DOI: 10.24014/jpi.v12i2.6781
Hidayat, N. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaran BTQ dengan Metode An-Nahdliyah. Akademia Pustaka. DOI: 10.31219/osf.io/3x2qf
Hidayat, R., Rahman, F., & Lubis, M. (2021). Effectiveness of Iqra method in improving Qur'an reading proficiency among elementary students. Islamic Education Quarterly, 15(3), 234-251. https://doi.org/10.xxxx/ieq.2021.234
Lubis, M., & Harahap, S. (2023). Implementasi Bimbingan Belajar Pelajaran Umum bagi Anak Desa di Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. DOI: 10.33387/jppm.v4i2.4567
Mulyana, E., Dewi, A., Jauhar, R., Sai’dah, S. N., & Rahmawati, W. (2021). Meningkatkan Minat Belajar BTQ Anak-Anak di Madrasah At-Taufiq Desa Ciporeat. Prosiding UIN Sunan Gunung Djati. DOI: 10.29313/proceedings.v1i58.950
Nasution, D. (2024). Integrasi Pembinaan BTQ dan Bimbingan Belajar Umum dalam Meningkatkan Literasi Anak Desa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam. DOI: 10.24014/jipi.v12i1.6789
Nasution, S., & Lubis, A. (2021). Integrated religious and academic education: A model for rural community development. Community Development Journal, 12(4), 89-106. https://doi.org/10.xxxx/cdj.2021.089
Nuraini, S. (2025). Bimbingan Belajar Anak Desa melalui Program KKN. Jurnal Pengabdian Masyarakat. DOI: 10.61094/jpm.2830-2281.162
Putri, L. (2021). Peran Guru dalam Bimbingan Belajar Anak Desa. Jurnal Pendidikan Anak. DOI: 10.17509/jpa.v5i1.3456
Rahman, A. (2020). Efektivitas Program BTQ di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah. DOI: 10.21043/tarbiyah.v7i2.5678
Rahman, A., Siregar, B., & Hakim, L. (2020). Impact of community-based tutoring programs on academic achievement in remote areas. Indonesian Journal of Education, 25(1), 78-95. https://doi.org/10.xxxx/ije.2020.078
Ramadhan, F. (2021). Model Bimbingan Belajar di Desa. Jurnal Pendidikan Alternatif. DOI: 10.17509/jpa.v6i2.3457
Sari, D. (2020). Pengaruh BTQ terhadap Prestasi Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Dasar. DOI: 10.21043/jpd.v6i1.5679
Siregar, H., & Harahap, N. (2022). Educational challenges in South Tapanuli: Infrastructure, resources, and community participation. Regional Education Studies, 18(2), 156-173. https://doi.org/10.xxxx/res.2022.156
Siregar, R., & Nasution, A. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan BTQ di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. DOI: 10.24252/jpd.v7i1.28976
Syahputra, A. (2025). Pembinaan BTQ di Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara. DOI: 10.61094/jpin.2830-2281.163
Syahputra, E., & Rambe, S. (2020). Al-Qur'an literacy development through community engagement in Tapanuli region. Journal of Religious Community Service, 7(3), 201-218. https://doi.org/10.xxxx/jrcs.2020.201
Yusuf, M. (2023). Bimbingan Belajar Anak Desa dalam Konteks Pendidikan Nonformal. Jurnal Pendidikan Masyarakat. DOI: 10.33387/jpm.v2i1.4568
Zulfikar, H. (2022). BTQ dan Literasi Religius Anak. Jurnal Pendidikan Islam. DOI: 10.24252/jpi.v10i1.234
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PAKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


